BPBD Tanah Bumbu Launching Aplikasi SILKAB

BPBD Tanbu melaunching Aplikasi Sistem Informasi Laporan Kejadian Bencana (SILKAB) Berbasis Android di kantornya, Selasa (17/4).

Aplikasi ini diklaim pertama ada di Provinsi Kalsel. Kepala Pelaksana BPBD Tanbu Hamaluddin mengatakan melalui adanya aplikasi ini, diharapkan tidak ada lagi informasi yang lambat diberikan. Kepala desa dan aparat kecamatan bisa memberikan informasi dengan cepat melalui aplikasi ini. “Kami berharap aplikasi ini terus dikembangkan,” katanya.

Dia juga berharap, setelah launching ini ada kajian-kajian teknis lain yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini. “Kami harap ada masukan-masukan yang diberikan untuk mengembangkan aplikasi ini. Tanpa ada masukan, tidak akan mungkin ada kemajuan,” jelasnya. Project Leader Aplikasi SILKAB Amirullah S S.Pdi, menjelaskan Aplikasi SILKAB bisa di download melalui playstore.

Aplikasi SILKAB ini adalah aplikasi yang dirancang sebagai suatu system penyampaian informasi laporan kejadian bencana secara cepat yang bisa di download melalui HP (Android) oleh semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu maupun di luar Kabupaten Tanah Bumbu dengan tujuan untuk mempercepat penyebaran informasi.

“Intinya dengan adanya aplikasi SILKAB ini, semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat, bisa mengetahui dengan cepat mengenai informasi kejadian bencana melalui android,” terang Amirullah yang juga salah satu peserta Diklat PIM IV angkatan 28 utusan dari Kabupaten Tanbu.

Kepala Sub Bagian Evaluasi, Dokumentasi dan Pelaporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanah Bumbu ini menambahkan pembentukan Aplikasi SILKAB ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering ditemukan pada BPBD yang masih menggunakan sistem manual dalam masalah pelaporan kegiatan.

“Di sini masih terlihat banyaknya potensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja pada BPBD Kabupaten Tanah Bumbu. Potensi yang dimaksud adalah dengan mengembangkan sistem yang tingkat penyampaian datanya lebih cepat,” jelasnya.

Menurutnya, sistem yang terkomputerisasi mampu bekerja lebih cepat dan lebih akurat bila dibandingkan dengan system manual. “Sistem yang terkomputerisasi juga akan memberi kemudahan tersendiri bagi pegawai BPBD,” katanya. Untuk tahap kedua dalam pengembangannya nanti, warga di Tanah Bumbu juga bisa mengirimkan  berita, terkait bencana.

Namun pihaknya tidak bisa langsung memasukan berita ke aplikasi tersebut. Oleh admin, berita yang dikirim akan diteliti lebih dulu, dan apabila informasi benar, baru dimasukkan ke aplikasi. “Untuk saat ini, diaplikasi tersebut sudah disediakan kolom komentar terkait informasi yang diberikan BPBD,” ucapnya seraya menambahkan launching Aplikasi SILKAB juga mendapat dukungan dari kepala daerah beserta jajaran Pemkab Tanbu.

Launching Aplikasi SILKAB dihadiri mentor Arif Rahman Hakim,Kapolsek Batulicin Ipda Beno dan SKPD terkait.

salamtangguh

Jalan Penghulu RT. 5 RW. II Kel. Gunung Tinggi Kec. Batulicin Prov. Kalimantan Selatan Telp/Faks. 0518-6070506 www.bpbd.tanahbumbukab.go.id Email: bpbd.tanahbumbukab@gmail.com Kodepos 72211

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *