BPBD Laksanakan Desiminasi Kebencanaan Serta Peringati HKB Tahun 2018

BPBD Kab. Tanah Bumbu mengadakan Desiminasi Kebencanaan, kamis 26 April 2018.

Kegiatan yang di laksanakan di kantor Aula Kecamatan Kuranji ini di hadiri oleh Kepolisan Kuranji, Masyarakat, LSM, PKK, Relawan, pihak Kecamatan, Perusahaan dan Instansi terkait. Desiminasi ini yang kedua di laksanakan, sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Mantewe pada bulan Maret lalu. Target BPBD melaksanakan Desiminasi Kebencanaan adalah 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana serta menambah pengetahuan kepada masyarakat tentang kebencanaan dan karakteriatik bencana kepada masyarakat Tanah Bumbu pada umumnya, terkhusus warga di Kecamatan Kuranji. Pada hari ini juga sekaligus memperingati HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana) setiap tanggal 26 April yang di laksanakan serentak di Indonesia.

Selain BPBD, Dinas Kesehatan juga menyampaikan beberapa materi yang menyangkut masalah kebencanaan, karena BPBD dan Dinas Kesehatan akan selalu terkait dalam penangganan kebencanaan di lapangan.

Dalam kesempatan ini, BPBD juga mensosialisasikan proyek perubahan dalam rangka penguatan daya saing daerah melalui peningkatan inovasi tata pemerintahanan berkelanjutan menuju Tanah Bumbu Hebat. Adapun inovasi yang di sosialisasikan pada kesempatan ini yaitu aplikasi SILKAB (sistem informasi laporan kejadian bencana) berbasis android.

Aplikasi ini sendiri mempunyai tujuan :

1. Mengoptimalkan laporan kejadian bencana secara cepat.
2. Menginformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah mengenai kegiatan BPBD secara umum.
3. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui laporan kejadian bencana.
4. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melaporkan kejadian bencana yang terjadi.
5. Memberikan pemahaman tentang bentuk perhatian Pemerintah, melalui BPBD terhadap kejadian yang terjadi.
6. Meningkatkan kualitas kinerja BPBD.

Semoga dalam sosialisasi ini masyarakat sadar akan bahaya bencana dan selalu siap siaga dalam menghadapi bencana. #siapuntukselamat.

salamtangguh

Jalan Penghulu RT. 5 RW. II Kel. Gunung Tinggi Kec. Batulicin Prov. Kalimantan Selatan Telp/Faks. 0518-6070506 www.bpbd.tanahbumbukab.go.id Email: bpbd.tanahbumbukab@gmail.com Kodepos 72211

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *