BPBD Kab. Tanah Bumbu Tanam Bibit Pohon Untuk Pengurangan Resiko Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dalam rangka pengembangan Desa Tangguh Bencana (Destana) kembali menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon pelindung di Desa Kersik Putih, Kecamatan Batulicin, Selasa (8/1) pagi.

Destana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana merugikan.

Kegiatan dalam rangka Pengurangan Resiko Bencana (PRB) melalui penanaman pohon pelindung yang diinisiasi oleh BPBD Tanbu dengan jumlah peserta 125 orang yang terdiri dari BPBD, Pegawai Kecamatan, Perangkat Desa, Forum PRB Desa Kersik Putih, Pokja, Polsek Batulicin, Forum Relawan Tangguh Bencana, Guru-guru Sekolah, Pelajar, Tokoh Agama dan Masyarakat sekitar.

Ada 105 pohon pelindung yang mereka tanam yaitu pohon trumbesi dan mahoni yang semuanya itu pasti sangat bermanfaat nantinya untuk pengurangan resiko bencana di kawasan tersebut.

BPBD Tanbu melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Abdul Rahim, ST mengatakan, kegiatan penanaman pohon pelindung di Desa Kersik Putih ini merupakan kegiatan gerakan pengurangan resiko bencana.

“Kita berharap Desa Kersik Putih juga merupakan Destana di Tanbu, artinya desa ini bisa beradaptasi dan mampu menghadapi segala jenis ancaman bencana, yang pastinya mampu mencegahnya itu sangat lebih baik lagi, ujarnya.

epala Desa Kersik Putih, Rahmatullah Khalik, S.Sos mengatakan kami sangat berterima kasih dan menyambut baik dengan kegiatan penanaman pohon pelindung ini, dia juga menghimbau kepada pemuda agar sejak dini menyadari akan pentingnya pohon di kehidupan kita.

“Mari kita tingkatkan gerakan kesadaran menanam pohon dan melestarikan alam, agar desa kita ini dapat mencegah dan terhindar dari ancaman bencana seperti halnya banjir, longsor dan lain sebagai nya, “pungkasnya.

 

salamtangguh

Jalan Penghulu RT. 5 RW. II Kel. Gunung Tinggi Kec. Batulicin Prov. Kalimantan Selatan Telp/Faks. 0518-6070506 www.bpbd.tanahbumbukab.go.id Email: bpbd.tanahbumbukab@gmail.com Kodepos 72211

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *