BPBD Kab. Tanah Bumbu Meninjau Dan Siaga Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu siaga hadapi banjir. Selain mengerahkan personil, Perahu karet juga diturunkan untuk membantu dan mengevakuasi bila diperlukan.

Hujan yang turun sejak Rabu (20/6/18) dini hari, mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Bahkan di Jalan utama menuju Desa Bayansari dari Desa Karang Indah, jembatannya terputus karena diterjang air yang menyebabkan kendaraan tak bisa melintas di jalan tersebut.

Untuk sementara warga yang hendak ke Desa Bayansari atau hendak ke Desa Karang Indah menuju Jalan Nasional harus berputar arah.

Putusnya jembatan ini dirasakan dampaknya oleh 3 desa, yaitu Desa Makmur, Desa Banjarsari dan Desa Bayansari yang agak kesulitan beraktivitas, karena masyarakat harus melewati jalan alternatif melalui Jalan Desa Banjarsari atau lewat jalan kebun sawit yang kondisinya tidak beraspal dan cukup rusak agar bisa keluar desa.

Tak hanya itu, kejadian ini menyebabkan beberapa titik di Jalan Nasional yang terendam banjir mengakibatkan arus lalu lintas terhambat. Bahkan, antrian panjang juga kembali harus terjadi di kawasan Kecamatan Angsana.

Setidaknya, antrian mobil kurang lebih sekitar 5 KM di kawasan Desa sekapuk Jalan Nasional di Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Banjir ini menjadi langganan tiap kali curah hujan yang tinggi. Pasalnya, ada tiga titik yang mengalami banjir akibat hujan deras yang turun tersebut. Semuanya berada di wilayah Angsana dan sebagian wilayah Kecamatan Satui.

Kondisi air sungai Satui masih dalam batas normal dan sudah ada penurunan.

Selain di Satui dan Angsana, di wilayah Desa Sebamban Baru dan Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban yang berada diwilayah bantaran sungai juga terendam air sebanyak 85 rumah di Sebamban Baru dan Desa Sebambanlama sebanyak 25 rumah. Namun semuanya masih bisa dikendalikan dan tidak terlalu parah.

Hujan deras mulai dini hari tadi juga mengakibatkan terendamnya jalan di Kecamatan Kuranji Desa Ringkit, Desa Karang Intan dan Desa Mustika, Kecamatan Kusan Hulu Desa Mangkalapi dan Kecamatan Kusan Hilir yang merendam persawahan.

Untungnya, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan tidak ada masyarakat yang mengungsi.

salamtangguh

Jalan Penghulu RT. 5 RW. II Kel. Gunung Tinggi Kec. Batulicin Prov. Kalimantan Selatan Telp/Faks. 0518-6070506 www.bpbd.tanahbumbukab.go.id Email: bpbd.tanahbumbukab@gmail.com Kodepos 72211

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *