BPBD Kab. Tanah Bumbu Launching Aplikasi “KIPAPANA”

BATULICIN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar launching aplikasi Pencegahan Penananganan dan Pemulihan Bencana (KIPAPANA).

Launching ditandai dengan penerbangan balon serta penandatangan dukungan oleh bupati dan pejabat SKPD serta stakholter terkait dihalaman Kantor Bupati, Senin (29/10).

Aplikasi tersebut merupakan salah satu inovasi yang dibuat oleh BPBD, yang mana dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai macam informasi tentang bencana serta penanggulangannya.

Proyek Perubahan dan inovasi ini merupakan salah satu bahan yang dipersentasikan oleh Kepala BPBD Tanbu, Eryanto Rais, SH MM saat mengikuti Diklat PIM II.

IMG-20181029-WA0018

Hal tersebut merupakan salah satu upaya menggerakkan semua stakeholder terkait, dalam melaksanakan penanganan bencana yang meliputi pencegahan, penangangan dan pemulihan bencana serta memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi terkait dengan kebencanaan yang disajikan dalam bentuk aplikasi berbasis android.

Aplikasi ini terdiri dari dua macam yakni KIPAPANA Massenger sebagai media informasi dalam bentuk group massenger berbasis android dan Aplikasi KIPAPANA yang bisa diakses masyarakat dengan tujuan melakukan penyebaran informasi terkait dengan kebencanaan.

Eryanto Rais, SH MM mengatakan, manfaat dari aplikasi ini sangat membantu pemerintah daerah dalam hal terwujudnya sarana dan prasana informasi pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana didaerah.

“Stakeholder akan semakin efektif dalam proses pengelolaan KIPAPANA sehingga tepat sasaran dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi tentang pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana di daerah,” ujarnya.

Adapun informasi yang dapat diketahui pada Aplikasi KIPAPANA yakni pencegahan dan kesiapsiagaan, kedaruratan dan logistik, rehabilitasi rekonstruksi dan sistem informasi pelaporan kejadian bencana (SILKAB).

Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor sangat mengapresiasi launching Aplikasi KIPAPANA, karena melalui aplikasi ini stake holder dan seluruh masyarakat dapat mengakses berbagai informasi terkait bencana.

“Masyarakat akan semakin mudah dalam memberikan atau memperoleh informasi terkini terkait pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana melaui aplikasi ini,” sebut Sudian Noor.

salamtangguh

Jalan Penghulu RT. 5 RW. II Kel. Gunung Tinggi Kec. Batulicin Prov. Kalimantan Selatan Telp/Faks. 0518-6070506 www.bpbd.tanahbumbukab.go.id Email: bpbd.tanahbumbukab@gmail.com Kodepos 72211

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *