BPBD Kab. Tanah Bumbu Gelar Pelatihan Relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Angkatan II

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar pelatihan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) guna meningkatkan kapasitas relawan dalam rangka pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan secara simbolis dibukan oleh Sekretaris Daerah Tanbu, H. Rooswandi Salem, pelatihan diikuti oleh peserta sebanyak 50 relawan MPA se Tanbu, di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Selasa (5/3).

Sekretaris Daerah Tanbu, H. Rooswandi Salem menyambut baik dengan dilaksanakannya pelatihan relawan MPA.

Disampaikannya, karena pelatihan ini dilaksanakan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, khususnya di wilayah Tanbu.

Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana di daerah ini, Bupati berharap BPBD Tanbu dapat melaksanakan pelatihan secara berlanjut, efektif dan inovatif serta mampu memetakan lokasi rawan bencana.

Rooswandi menambahkan penanganan karhutla menjadi prioritas pemerintah pusat mengingat permasalahan karhutla ini mengakibatkan dampak yang luar biasa bagi lingkungan dan kesehatan. Bahkan dampak yang ditimbulkannya bisa mengganggu negara tetangga dengan adanya kabut asap.

Dilanjutkannya, kejadian serupa seperti kabut asap pernah pula terjadi di Tanbu dalam beberapa tahun yang lalu. Namun, dengan sinerginya peran antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat maka permasalahan karhutla di Tanbu dapat teratasi sehingga jumlah titik api dapat diturunkan dan tidak terjadi lagi kabut asap.

Permasalahan selain karhutla yang perlu diperhatikan di Tanbu adalah semakin padatnya rumah penduduk yang jika terjadi kebakaran beresiko menimbulkan kerugian yang sangat besar.

“Antisipasi kebakaran rumah penduduk ini perlu strategi yang baik dan menjadi perhatian kita semua,” tuturnya.

Untuk itu H. Roowandi meminta agar pihak atau SKPD terkait perlu memotivasi masyarakat dalam hal menjaga lingkungan dan lebih hati-hati terhadap terjadinya potensi yang menimbulkan kebakaran.

“BPBD ataupun instansi terkait dapat membentuk sebuah organisasi atau kelompok masyarakat yang peduli terhadap api utamanya pada kebakaran di wilayah pemukiman penduduk,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais, melalui Kabid Pencegahan Penanggulangan dan Kesiapsiagaan, Abdul Rahim, ST mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan MPA dalam penanganan bencana karhutla.

“Kita berharap melalui kegiatan ini segala bentuk dari karhutla dapat diantisipasi dalam bentuk pencegahan dan penanganan, serta untuk para relawan MPA bisa lebih tangguh lagi dalam menghadapinya”, tandasnya.

 

salamtangguh

Jalan Penghulu RT. 5 RW. II Kel. Gunung Tinggi Kec. Batulicin Prov. Kalimantan Selatan Telp/Faks. 0518-6070506 www.bpbd.tanahbumbukab.go.id Email: bpbd.tanahbumbukab@gmail.com Kodepos 72211

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *